google Pilihan jenis pakan yang bagus dikonsumsi kacer | Cara Merawat Burung Kicau

Pilihan jenis pakan yang bagus dikonsumsi kacer

Jenis pakan kacer sebagian besar tidak jauh berbeda dengan makanan burung lainnya, namun ada beberapa hal atau cara yang harus diperhatikan pada saat memberikan makanan agar tidak berdampak buruk terhadap kesehatan dan pada performa mereka dirumah maupun saat dilapangan.


Seperti burung lain pakan adalah salah satu kunci kesuksesan kacer selain dari perawatan, karena dengan kombinasi perawatan yang baik dengan komposisi pakan yang sempurna bukan tidak mungkin kacer akan menampilkan suara terbaiknya.

Suara yang indah serta merdu merupakan hal penting bagi kicau mania atau para pecinta burung kicau agar peliharaannya tetap terlihat menarik, oleh karena itu faktor pakan adalah penunjang utama bagi hal tersebut.

Jadi sekarang apa saja jenis pakan kacer yang dapat diberikan sebagai makanan harian maupun sebagai extra fooding? Berikut ada 7 jenis makanan untuk burung Kacer yang akan kami bahas untuk sobat kicau semua.

Pilihan pakan yang baik untuk burung kacer


Kroto
Kroto adalah sebutan untuk telur semut jenis angkrang yang biasanya bertelur dalam sarang pada dedaunan pohon. Telur ini masih berupa larva dan pulpa yang berwarna putih, dengan bentuk bulat lonjong kecil-kecil.  Kroto baik diberikan pada jenis burung kicauan termasuk kacer karena dapat meningkatkan stamina. kroto dapat kita gunakan sebagai sumber protein hewani kacer terutama ketika kita hendak mengikuti kontes agar stamina burung tetap prima.

Buah-Buahan
Beberapa jenis buah dapat diberikan kepada burung Kacer seperti buah pisang, pepaya, jeruk, dll. Namun saat memberikan buah sebagai pakan sebaiknya potong kecil-kecil dan ditempatkan dalam suatu wadah sehingga memudahkan kacer ketika memakannya.

Buah-buahan bermanfaat untuk melancarkan pencernaan burung. Buah dapat kita gunakan agar kondisi tubuh kacer tetap profosional tidak kegemukan, tetapi jangan memberikan dalam porsi berlebihan sebaiknya kombinasikan dengan pakan kacer lainnya.



Serangga
Golongan hewan yang masuk dalam kategori serangga merupakan makanan yang baik dan sering diberikan kepada jenis burung kicauan. Selain membuat suara semakin nyaring dan indah, jenis makanan berupa serangga bagus untuk tubuh burung karena mengandung protein hewani yang tinggi, lemak, mineral, dll.

jangkrik untuk kacer


Untuk burung Kacer, berikan jenis serangga seperti jangkrik namun yang masih muda dan belum bersayap, ulat-ulat kecil, dan anak cacing. Perlu diperhatikan, pada saat burung dalam kondisi mabung atau ketika sedang terjadi pergantian bulu, pemberian jangkrik dan hewan lainnya yang dapat menyebabkan burung lebih sering berkicau, sebaiknya dikurangi. Anda dapat menggantinya dengan jenis makanan lain untuk sementara waktu. Jika kacer terlihat terlalu birahi stop pemberian jangkrik karena ini malah membuat kacer males ngoceh.

Sayur-sayuran
Alternatif lain jika anda tidak bisa memberikan buah sebagai pakan kacer, maka bisa menggantinya dengan jenis sayuran karena masih mengandung banyak vitamin dan mineral layaknya buah-buahan. Untukbeberpa jenis kacer yang memiliki paruh agak kecil dan pendek, berikan sayur seperti toge, tomat, sawi, atau kangkung, sayuran juga digunakan juga sebagai pakan diet burung.



Ikan
Selain serangga, ikan juga merupakan jenis pakan Kacer yang banyak mengandung protein. Kandungan lainnya yaitu omega yang baik bagi kesehatan burung. Meski tidak banyak jenis burung yang menyukai makanan berupa ikan, namun kacer adalah jenis burung yang menyukai ikan.

Berikan jenis ikan kecil atau potong kecil terlebih dahulu sebelum diberikan sebagai salah satu variasi makanan untuk burung Kacer, jika anda sulit meracik ikan agar dimakan, anda dapat memberikan minyak ikan untuk mereka ini berfungsi untuk membuat bulu mengkilat kembali selepas pasca mabung. ( baca: perawatan super menjaga kacer tetap fit selepas mabung )

Biji-bijian
Untuk pemberian biji-bijian sebagai makanan Kacer, jenis biji-bijian yang tepat adalah biji yang berukuran kecil seperti pallet atau jewawut. Hal ini menyesuaikan dengan bentuk paruh burung. Berbeda dengan jenis burung lain yang memiliki paruh besar, maka pemberian biji-bijian besar dan kasar seperti jagung, beras atau gandum dapat diberikan.

Cacing
Makanan lainnya untuk kacer dari jenis hewani adalah cacing. Makanan yang berasal dari hewani memang sebagian besar mengandung protein tinggi. Jenis cacing yang baik diberikan untuk Kacer adalah cacing tanah. Anda bisa mendapatkan atau mencari sendiri cacing tanah pada daerah tanah yang lembab. Pemberian cacing untuk kombinasi jenis pakan Kacer dapat dilakukan 2 kali dalam 1 minggu.

Pemberian makanan pada burung memang sebaiknya dikombinasikan dan dilakukan secara rutin agar kacer tidak bosan. Pemberian makan yang rutin akan memudahkan burung beradaptasi terhadap kebiasaan makannya, oleh karena itu jangan terlalu sering merubah pola makan.

Selain itu, pemberian jenis pakan juga dapat disesuikan dengan kondisi kacer, misalnya ketika burung sedang mengalami masalah pencernaan, maka berikan sayur atau buah lebih banyak untuk mengatasi masalah tersebut, atau jika kacer mabung tubuh mereka memerlukan sumber protein tinggi maka saran berikan mereka lebih banyak kroto.

Sekian ulasan mengenai jenis pakan kacer yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat untuk para kicau mania!

0 comments "Pilihan jenis pakan yang bagus dikonsumsi kacer", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment