google Cara Terbaik Merawat Burung Anis Kembang Biar Rajin Bunyi | Cara Merawat Burung Kicau

Cara Terbaik Merawat Burung Anis Kembang Biar Rajin Bunyi

Burung Anis Kembang (Zoothera interpres) juga memiliki nama Punglor Kembang, bahkan sebagian daerah ada yang memberinya nama dengan Punglor Macan. hal ini senada dengan warna burung ini yang bercorak doreng, sedangkan saudara karibnya yang berwarna orange disebut dengan burung Anis Merah atau Punglor Boto. Perlu diketahui bila pada tahun 90an popularitas burung ini saat itu sangat tinggi dan menjadi burung yang sangat difavoritekan, sehingga harganya pun sangat tinggi waktu itu.

Burung Anis Kembang Usia Muda
Seiring berjalannya waktu, hingga saat ini memang masih ada yang menyukai burung ini, sayangnya meredupnya perlombaan dan latber burung anis kembang, menjadikan burung ini kurang akrab ditelinga hobies burung pemula. Sehingga kepopulerannya pun menurun drastis.

Tahukah anda Cara Terbaik Merawat Burung Anis Kembang Biar Rajin Bunyi? mendengar saja mungkin anda jarang, untuk melengkapi pengetahuan kita dalam merawat burung, berikut ini saya bagikan kutipannya berdasarkan penyaringan dan penilaian yang baik.

1. Pilh Jenis kelamin Jantan
Nah pertama dan paling utama adalah pemilihan jenis kelamin, burung anis kembang yang gacor biasanya adalah Anis Kembang jantan, jadi pastikan anis kembang anda berkelamin jantan. Untuk anis kembang jantan ditandai dengan beberapa ciri fisik yang bisa anda lihat diantaranya, apabila mata anis kembang menonjol, itu tandanya burung jantan dan bulu anis yang jantan berwarna lebih tegas dan lebih gelap

2. Pakan burung anis kembang

Agar burung anis kembang cepat gacor/rajin bunyi, anda sebaiknya mengganti voer lama dengan yang baru setiap dua hari sekali. Voer yang diberikan sebaiknya berkadar protein 12-18%.Untuk anis kembang, pemberian pakan hendaknya bervariatif dengan tujuan kebutuhan anis kembang akan karbohidrat, mineral, protein, dan vitamin tercukupi. Selain itu anda juga harus setiap hari memberikan buah-buahan segar untuk anis kembang, misalnya pepaya,apel, atau pisang.

3. Pemberian Extra Food
Extra food atau biasa disebut EF adalah makanan tambahan bagi anis kembang untuk variasa menu makanan dan mencukupi kebutuhan nutrisinya. Untuk EF anis kembang, anda bisa memberikan jangkrik setiap hari. Sedangkan pemberian cacing, ulat hongkong, kroto diberikan hanya beberapa kali saja dalam seminggu.

4. Kebersihan kandang
Untuk menjadikan anis kembang yang gacor dan berkualitas juga diperlukan kesadaran anda akan kebersihan kandang/sangkarnya. Bersihkanlah kandang setiap hari, termasuk membuang kotoran burung dan gantilah air minum burung setiap hari. Sebaiknya gunakan air minum yang telah dimasak atau air mineral.

5. Pemandian dan Penjemuran
Burung anis kembang sebelum dimandikan sebaiknya diangin-anginkan dulu di teras selama 30 menit. Setelah itu anda bisa memandikan burung anis kembang dengan semprot atau dengan karamba, disesuaikan dengan kebiasaannya. Penjemuran burung anis kembang agar cepat gacor bisa anda lakukan setiap hari di pagi hari. jam 8-10 pagi, dan sebaiknya tidak didekatkan pada burung anis kembang lain. Setelah dijemur burung diangin-anginkan di teras selama kurang lebih 10 menit, setelah itu dikerodong kembali.

6. Pemasteran
Yang satu ini wajib anda lakukan agar anis kembang cepat gacor, yaitu dengan pemasteran suara. Pemasteran suara bisa dilakukan dengan suara burung master lain atau dengan mp3 player yang sekarang banyak tersedia. Pemasteran bisa dilakukan pada siang hari sampai sore hari (10.00-15.00), dan di malam hari sampai pagi. Untuk hasil yang maksimal, selama pemasteran anis kembang sebaiknya dikerodong. Pemasteran baik dilakukan saat anis kembang masih bakalan/anakan agar memori yang diterima akan selalu diingat oleh anis kembang saat dewasa nanti.

7. Kenyamanan lingkungan
Burung adalah spesies yang terbiasa dengan suasana nyaman, begitu juga dengan anis kembang. Untuk itu agar burung kacer merasa nyaman dan tenang, pastikan suasana di sekitar rumah anda kondusif. jauhkan dari gangguan kucing, tikus, atau anjing. Karena jika selalu terganggu maka akan berpengaruh pada mental dan suara anis kembang itu sendiri. Buatlah suasana yang asri, sejuk, dan nyaman agar anis kembang anda merasa nyaman dan cepat gacor.

8. Perawatan Saat Ngurak
Bila burung mengalami ngurak atau ganti bulu, sebaiknya burung selalu dikerodong dan ditempatkan ditempat yang sepi, memandikan cukup seminggu sekali, pemberian EF ditingkatkan dari setelan harian, Sangkar dibersihkan setiap hari, pemasteran seperti biasa.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merawat burung Anis Kembang, secara umum saya rasa hal itu sudahlah lengkap, silahkan dimodifikasi sesuai kebiasaan dan kebutuhan. 

Semoga bermanfaat....

0 comments "Cara Terbaik Merawat Burung Anis Kembang Biar Rajin Bunyi", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment